Bagaimana cara menghilangkan mata kaki yang menghitam?

R Info Penanya: R
dok.. mata kaki saya menghitam karena sering terkena gesekan dan tekanan pada saat shalat.. makin kesini makin hitam dan menebal, saya memberikan callusol dengan harapan kulitnya bisa terkelupas dan berganti ke kulit yang baru. tapi setelah mengelupas kulit yg terkelupas merah dan bbrp hari kemudian warna pada mata kaki saya tetap hitam. apakah ada solusi atau obat yang bisa membantu agar warna kulit pada mata kaki saya kembali normal? mohon bantuannya.. terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RWD,

Kulit yang menjadi menghitam adalah kondisi yang disebabkan karena gesekan, reaksi alergi, infeksi kulit ataupun karena penyebab lainnya. Pada area mata kaki yang menghitam memang benar bisa timbul karena tekanan dan gesekan. 

Untuk membantu mengatasinya bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Gunakan krim yang mengeksfoliasi kulit atau mengangkat kulit yang mati agar memutihkan kulit, bisa juga menggunakan scrub dari bahan alami seperti dari oatmeal dan yogurt, minyak kelapa, lidah buaya ataupun potongan kentang. Bisa juga gunakan krim yang dijual bebas.
  • Lakukan perawatan pada dokter kulit bisa dengan tindakan laser, chemical peeling, ataupun mikrodermabrasi
  • Gunakan alas shalat yang nyaman seperti sajadah yang lembut atau yang menggunakan busa
  • Gunakan alas kaki yang nyaman

Perhatikan juga kondisi lain yang memicunya seperti gesekan saat beraktivitas, penggunaan alas kaki yang kurang nyaman dan juga hindari menggunakan produk tersebut karena mengandung asam salisilat yang bisa menimbulkan iritasi terutama pada kulit yang sehat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menu lebaran sehat tidak harus selalu mengandung santan.

5 Alternatif Menu Lebaran Sehat yang Wajib Coba

Sajian saat lebaran selalu identik dengan masakan serba santan. Yuk sayangi tubuh dengan membuat alternatif menu lebaran sehat berikut ini.