Bagaimana cara menghilangkan kutil di selangkangan?

SR Info Penanya: SR, Pria, 43 Tahun
halo dok,sy seorang pria berusia 43 tahun,keluhan saya adalah sebulan terakhir ini sy sering merasakan gatal di selangkangan dan timbul kutil di testis saya, pertanyaan saya adalah adakah salep atau obat yg bisa menghilangkan kutil dan gatal? atau dimanakah sy harus berkonsultasi dng dokter yg terdekat,lokasi saya di daerah sawangan Bojongsari Depok terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SR,

Kutil kelamin adalah merupakan infeksi yang timbul akibat infeksi virus human papilloma. Infeksi ini sering kali berkaitan dengan penularan melalui hubungan seksual yang tidak aman ataupun dengan yang memiliki kutil kelamin, sehingga bisa menular baik karena sentuhan langsung dengan kutil ataupun akibat hubungan seksual.

Untuk mengatasi kutil kelamin perlu dilakukan dengan cara khusus tidak bisa dengan obat bebas. Untuk itu perlu memeriksakan diri pada dokter kulit dan kelamin agar diberikan penanganan yang tepat. Hindari melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh. 

Pada wanita, infeksi HPV bisa meningkatkan risiko terjadi kanker serviks terutama jika terinfeksi virus HPV 16 dan HPV 18. Untuk itu segera atasi kondisi yang Anda alami. Nantinya bisa ditangani dengan metode khusus seperti bedah cauter, bedah beku atau krioterapi, metode laser ataupun bedah konvensional dengan pisau bedah.

Hindari menggunakan obat bebas yang digunakan untuk mengatasi kutil di area lain karena bisa memicu iritasi dan juga memperberat gejala yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

HIV tidak bisa disembuhkan tapi ada cara mengobati HIV untuk memperbaiki kualitas hidup penderitanya

Memahami Cara Mengobati HIV Lewat Terapi Antiretroviral

HIV tidak ada obatnya, tapi ada cara mengobati HIV untuk menekan jumlah virus agar Anda terhindar dari infeksi berbahaya serta mencegah penularan kepada orang lain.