07 Oct 2021, 09:43Penyakit Lainnya

Bagaimana cara menghilangkan kecanduan obat penenang?

M
Info Penanya: M0
Dokter, saya diagnosa mengidap bopolar dan diberikan obat penenang. Namun, saya merasa gejala yang dialami cukup ringan dan ingin berhenti mengonsumsi obat ini krn sptnya saya sudah kecanduan dok. Apa obat penenang menyebabkan kecanduan dok? Bagaimana cara menghilangkan kecanduan obat penenang?
158 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, MTerima kasih atas pertanyaan AndaObat penenang adalah obat-obatan yang diberikan kepada pasien dengan kondisi medis tertentu yang hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dari dokter sesuai dengan indikasi pasien. Dengan mengonsumsi obat penenang, pasien akan merasa lebih rileks. Obat penenang ini bisa menyebabkan kecanduan bila dikonsumsi tidak sesuai dengan anjuran dokter. Bahkan pada obat-obat tertentu, bisa menyebabkan adanya sindrom putus obat bila dihentikan mendadak tanpa melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter.

Bagaimana cara menghentikan kecanduan obat penenang?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, cara menghentikan kecanduan obat penenang ini tergantung dari jenis obat yang digunakan. Jika Anda mengalami kondisi bipolar dan mendapatkan obat penenang dari dokter spesialis jiwa maka sebaiknya Anda mengonsultasikan dengan dokter terkait dengan kondisi Anda. Tujuannya agar dokter melakukan evaluasi dosis obat yang diberikan kepada Anda. Cara yang dilakukan oleh dokter ini bisa berbagai macam seperti menurunkan dosis obat secara perlahan, mengganti jenis obat, dan lain sebagainya tergantung dari kondisi Anda.Selain itu, tindakan yang bisa Anda lakukan di rumah adalah:
  • Berusaha tetap konsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Konsumsi sayur dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan Anda
  • Melakukan hobi Anda
  • Berusaha untuk selalu berpikiran positif
  • Melakukan curhat atau bercerita kepada orang yang Anda percayai sata Anda sedang ada masalah
  • Hindari menyendiri
Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
bipolarmasalah kejiwaanobat penenang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil