Bagaimana cara menghilangkan karang gigi ?

H1 Info Penanya: H1, Wanita, 16 Tahun
Cara menghilangkan karang gigi gimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, H

Karang gigi timbul dari penumpukan plak gigi yaitu lapisan yang terbentuk di gigi setelah makan dan minum kemudian bakteri terkumpul. Plak juga yang menyebabkan gigi berlubang dan radang gusi. Jadi harus rajin dibersihkan dari awal agar tidak sampai menjadi karang gigi. 

Plak gigi yang menumpuk bisa menjadi keras dan disebut karang gigi. Karang gigi bisa mengakibatkan bau mulut, radang gusi sehingga bengkak, nyeri, berdarah, gigi goyang sampai dengan lepas. Karang gigi tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Jadi Anda perlu menemui dokter gigi untuk melakukan tindakan scaling. Anda minimal perlu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan, jangan sampai menunggu gigi sakit atau berlubang.

Saya lampirkan artikel mengenai Bagaimana Sih Proses Pembersihan Karang Gigi? Yuk, Kenali Lebih Jauh untuk lebih jelasnya.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kesehatan mulut harus diperhatikan agar terhindar dari bau mulut dan gigi berlubang

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut, dari Cegah Infeksi Gusi hingga Penyakit Jantung

Kesehatan mulut yang terjaga dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit. Terawatnya kesehatan mulut dengan menyikat gigi dan memakai benang gigi secara teratur dapat menjaga bakteri-bakteri dalam mulut tetap terkontrol.