Bagaimana cara menghilangkan kaligata?

DS Info Penanya: DS, Pria, 29 Tahun
Dok cara menghilangkan penyakit biduran tw galigato.Gmn da 1 bulan gak hilang
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DSP,

Kaligata/ biduran/ urtikaria merupakan reaksi tubuh akibat paparan alergen berupa ruam kemerahan, menimbul dan terasa sangat gatal yang muncul di seluruh tubuh. Alergen ini dapat berupa alergi makanan (telur, seafood, kacang,dll), debu, bulu binatang, cuaca dingin, atau paparan bahan kimia.

Kaligata tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah menghindari munculnya kaligata tersebut dengan mengamati apa yang menyebabkan atau memicu munculnya biduran tersebut dan menghidari pemicu tersebut.

Sementara bila biduran sudah terlanjur muncul, maka yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan gatal tersebut adalah dnegan cara :

  1. Oleskan calamine lotion.
  2. Minum obat golongan antihistamin.
  3. Hindari menggaruk bagian yang gatal secara berlebihan.

Bila keluhan gatal ini menimbulkan sesak napas, muka bengkak, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kulit gatal terjadi akibat banyak berkeringat dan kotoran yang menumpuk pada kulit

Penyakit Kulit Gatal Ini Tidak Menular, Tapi Ganggu Kenyamanan dan Penampilan

Psoriasis adalah penyakit kulit dengan gejala gatal serta perih, yang pada umumnya muncul di area siku, lutut, kulit. Selain itu penyakit kulit gatal yang lain dan dapat menyerang yaitu biang keringat, dermatitis atopik dan dermatitis kontak.