Bagaimana cara menghilangkan floaters?

F Info Penanya: F
Dok cara menghilangkan floaters itu gmn ya dok.. Adakah terapi? Kmren cekup ke dokter mata bilangnya karna gigi berlubang, tp setau saya gigi sy berlubang cuman 1 aja pun itu udh d tambal.. Apa mungkin gigi berlubang bisa menyebabkan mata timbul floaters?? Mohon d jawab dok, thanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi F,

Floaters merupakan bintik-bintik kecil yang terbang melayang di bagian dalam bola mata. Adanya floaters ini akan menyebabkan seseorang mengeluh ada bintik-bintik kecil berwarna hitam atau putih yang kadang muncul kadang menghilang ketika melihat sesuatu. Posisi bintik-bintik ini dapat berpindah-pindah tempat atau menetap di salah sudut penglihatan. Floaters ini bisa disebabkan oleh faktor trauma pada mata yang menimbulkan perdarahan di dalam mata, faktor penuaan, dan faktor pasca operasi mata. Pada umumnya floaters ini tidak berbahaya, namun bila penglihatan mendadak gelap, floaters terasa semakin banyak, atau tampak seperti ada kilatan pada mata maka segera lakukan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis mata karena ditakutkan floaters sudah menarik retina dan menyebabkan robekan pada retina yang akan sangat berbahaya.

Untuk penanganan awal floaters sendiri biasanya dokter mata akan memberikan obat tetes yang dipakai sampai floaters menghilang namun pemakaian obat tetes ini maksimal selama 3 bulan. Bila setelah 3 bulan floaters tidak menghilang maka selanjutnya merupakan tahap observasi saja jangan sampai terjadi robekan retina. Selain itu dokter juga bisa melakukan operasi atau laser untuk menghilangkan floaters.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)