24 May 2020, 05:32Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menghilangkan bintik bintik di jidat dan pipi?

Z2
Info Penanya: Z2, Wanita, 14 Tahun
Dok... Saya umur 14th tapi aku punya banyak bintik bintik di area jidat dan pipi, yang di area jidat bintik bintiknya sering aku pencet kayak keluar air sama darah kadang ada putih gitu dok... Aku udah coba pake cuka apel, es batu, propolis,dan masker alami tapi kenapa muka aku masih banyak bintik bintiknya belum hilang trus tiba tiba jadi luka luka gitu dok, kenapa ya. Makasih...
27756 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang Z,Bintik di wajah adalah keluhan yang disebut dengan jerawat. Bisa timbul terutama saat masa puber karena perubahan hormonal. Jika sering dipecahkan atau tidak dijaga kebersihannya, bisa meradang dan terjadi infeksi.Jika saat sedang timbul jerawat dan dipecahkan atau dipencet bisa memicu iritasi dan juga menimbulkan bekas jerawat. Jika mengalami jerawat hindari sering menyentuh wajah apalagi memencet jerawat terutama jika tangan kotor atau belum mencuci tangan.Ceritakan keluhan pada orang tua, agar bisa diperiksakan pada dokter atau dokter kulit sehingga jerawat bisa diatasi. Tidak jarang masalah jerawat juga bisa menjadi pemicu rasa tidak percaya diri pada remaja dan bisa menjadi bahan perundungan. 

Penanganan jerawat

Penanganan jerawat sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti:
  • Menggunakan pembersih wajah
  • Menggunakan obat pereda jerawat
  • Menggunakan obat resep pemeriksaan dokter
  • Mengggunakan tindakan perawatan wajah
  • Menjaga asupan makan
Upayakan juga menjaga kebersihan wajah dengan menghindari polusi seperti asap rokok, debu, polusi dan jangan banyak jajan atau makan-makanan cepat saji atau makanan berminyak. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil