Bagaimana cara menghilangkan benjolan di dalam vagina?

RM Info Penanya: RM
Dok, saya 26 tahun dan saya belum menikah. Saya ingin bertanya mengenai keadaan yang saya alami sendiri. Awalnya saya merasakan sakit nyeri dan perih pada vagina saya ketika saya menstruasi, karena penasaran saya mencoba mencari tau dan ternyata terdapat benjolan seperti biji jagung yang ada di vagina dalam saya dan pas saya pegang nyerinya terasa. Saya takut dok apakah benjolan di vagina dalam saya ini adalah tumor atau kanker? Mohon bantuannya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RM,

Benjolan dalam vagina bisa disebabkan oleh beberapa penyebab mulai dari adanya infeksi di dalam vagina, pelebaran pembuluh darah, adanya kantung berisi cairan atau kista, ataupun penyebab lainnya. Untuk itu perlu dipastikan dengan pemeriksaan langsung pada dokter spesialis kulit kelamin ataupun dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Sering kali benjolan yang terasa nyeri dan bisa membesar dan mengecil seiring dengan siklus menstruasi disebabkan oleh kista dimana kista di area vagina bisa timbul karena penyumbatan kelenjar Bartholin yang dikenal dengan kista Bartholin. Gejalanya sendiri bisa beragam mulai dari tidak menimbulkan gejala sampai bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat duduk ataupun berhubungan seksual.

Penanganan benjolan pada vagina sendiri tergantung dari penyebabnya, jika karena infeksi maka akan dilakukan pemberian obat, tetapi jika karena penyebab lain seperti kista maka bisa dilakukan penyedotan cairan ataupun tindakan operatif untuk mengangkat kista tersebut. Upaya lain juga bisa dengan melakukan rendaman pada air hangat untuk mengurangi rasa nyeri. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Payudara terasa sakit bisa saja pengaruh hormon bukan penyakit yang memerlukan perhatian khusus

Payudara Sakit Belum Tentu Gejala Kanker, Mungkin Ini Penyebabnya

Payudara sakit tidak selalu mengindikasikan kanker. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan payudara Anda sakit, misalnya perubahan hormon dan pola hidup tidak teratur.