Bagaimana cara menghilangkan bekas cupang ?

MY Info Penanya: MY, Wanita, 32 Tahun
Bagaimana cara menghilangkan bekas cupang?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MY,

Bekas cupang merupakan istilah yang dipakai orang awam untuk menunjukkan memar pada leher akibat aktivitas ciuman dengan cara menyedot kulit leher secara berlebihan. Hal ini bisa menimbulkan memar berwarna merah kehitaman karena pecahnya pembuluh-pembuluh darah kecil yang ada di leher. Memar ini akan berangsur-angsur menghilang dalam waktu 1-2 minggu tergantung dari luasnya memar.

Sementara cara menghilangkan memar bekas cupang sendiri sama dengan cara menghilangkan memar akibat benturan dengan cara :

  1. Kompres dengan es batu ketika pertama muncul cupang. Kemudian keesokan harinya kompres secara teratur dengan air hangat selama beberapa hari.
  2. Hindari menekan-nekan memar yang ada.
  3. Oleskan salep yang mengandung heparin.

Aktivitas seksual ini sebaiknya dihindari karena pecahnya pembuluh darah yang ada di leher bila nantinya menggumpal maka gumpalan tersebut dapat terbawa hingga ke jantung dan jantung mengalami sumbatan yang bisa berdampak pada kematian, hal ini lebih rentan terjadi pada usia tua.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengobati memar dengan mengompres area yang terdampak dengan air dingin atau es

Tips Mengatasi Memar, Keseleo, dan Benjol Akibat Kecelakaan

Pertolongan pertama untuk mengobati memar, benjol, dan keseleo dapat dilakukan dengan mengompres area yang terdampak menggunakan air dingin atau es.