19 Feb 2021, 11:26Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menghilangkan bekas cacar air pada wajah?

E
Info Penanya: E, Wanita, 15 Tahun
Dok saya pernah mengalami cacar air ketika masih SD. Setelah sembuh, beberapa bagian wajah saya terdapat bekas cacar seperti cekungan kecil yang cukup dalam yang membuat kulit wajah saya tidak rata pada bagian tersebut. Jadi apa yang harus saya lakukan untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan bekas cacar tersebut?
51 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, ETerima kasih atas pertanyaannya.Cacar air adalah infeksi virus yang menular dan menimbulkan bentol berisi air di kulit.  Garukan terlalu sering dan keras pada bentol-bentol berisi air ini akan menimbulkan kerusakan pada kulit sehingga akan peradangan pada kulit yang menyebabkan bekas luka tampak seperti cekungan yang dalam.  Bekas luka ini yang sering menimbulkan rasa tidak percaya diri apalagi pada tempat yang sering terlihat seperti wajah. Penanganan bekas luka yang dalam memang tidaklah mudah dan memerlukan konsistensi dalam merawat kulit karena tidak ada yang instan dan langsung dalam mengurangi bekas luka yang sudah lama dan dalam.   

Beberapa cara untuk mengurangi bekas cacar air :

  • Gunakan gel aloe vera sebagai pelembab.
  • Oleskan minyak rosehip dapat membantu menyamarkan bekas luka.
  • Eksfoliasi setiap seminggu sekali. Pilih kandungan yang sesuai dengan jenis kulit wajah.
  • Menggunaakan krim berbahan dasar retinoid yang tentunya dimulai dari yang kadar rendah untuk mencegah adanya iritasi. Penggunaan krim ini harus disertai penggunaan sunscreen pada siang hari.
  • Menggunakan masker dengan bahan seperti madu, lemon, serta tea-tree
Penanganannya bekas luka yang lebih cepat dapat mempertimbangkan tindakan penghilang luka dengan alat seperti injeksi, dermabrasi, peeling, ataupun laser.  Walaupun cara ini tidak hilang secara sempurna serta membutuhkan biaya yang lebih besar.  Untuk itu, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit mengenai penanganan bekas cacar air yang sesuai.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajahbekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil