01 Jun 2020, 17:05Penyakit Lainnya

Bagaimana cara menghilangkan bau pada olahan kambing?

SL
Info Penanya: SL0
Hi dok, saya ingin mencoba memasak makanan timur tengah, tapi katanya mengolah kambing itu sulit karena baunya. Bagaimana sih dok cara yang sehat untuk menghilangkan bau pada olahan kambing?
15405 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, STerima kasih atas pertanyaan Anda.Kambing merupakan salah satu hewan yang dapat dikonsumsi dagingnya. Daging kambing merupakan suatu sumber protein yang bauk dan bernutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan stamina, menjaga masa otot, meningkatkan masa otot dan juga memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.Menurut beberapa penelitian dikatakan bahwa bau tidak enak (prengus) pada kambing merupakan sebuah bau yanhg timbul untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Pada sebagian orang, bau ini dapat mengakibatkan kehilangan selera makan atau bahkan tidak suka dengan daging kambing.Bau prengus pada daging kambing ini dapat diatasi dengan cara melakukan pengolahan yang baik. Sehinga, didapatkan olahan daging kambing yang mepuk dan tidak berbau prengus.

Adapun tips untuk menghilangkan bau prengus tersebut adalah:

  • Hindari mencuci daging kambing
  • Hilangkan lemak pada daging kambing
  • Bungkus dengan daun pepaya dan lumuri dengan jeruk nipis
  • Rebus daging kambing dengan rempah-rempah
Hindari juga pengolahan daging kambing dengan cara digoreng, karena daging kambing sudah banyak mengandung lemak, jika digoreng dikhawatirkan akan menambah kadar lemak pada makanan tersebut. Konsumsilah daging kambing sewajarnya maksimal 2 prosi dalam 1 minggu. Usahakan tetap mengonsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan, lakukan olahraga dan juga perbanyak sayur dan buah-bauahan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
makanan sehattips kesehatanmenjaga kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil