19 Nov 2020, 11:39Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menghilangkan alergi gatal di wajah?

L
Info Penanya: L0
Siang dok, sudah dua hari saya merasa gatal seperti alergi di area pipi dan dahi. KIra-kira, bagaimana cara menghilangkan alergi gatal di wajah? Apa bisa diatasi dengan bahan alami?
261 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat siang, Ibu L.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Ibu.Alergi adalah suatu proses mekanisme tubuh untuk melawan alergen atau pemicu yang menimbulkan alergi. Alergi ini dapat dialami oleh setiap orang, tetapi hanya beberapa yang dapat menimbulkan reaksi. Reaksi alergi bisa berupa gejala ringan hingga berat. 

Jenis Reaksi alergi

Reaksi alergi dapat berupa :
  • Gatal
  • Hidung berair
  • Bersin-bersin
  • Merah di tubuh berupa bentol-bentol besar atau sering disebut dengan biduran
  • Seluruh tubuh bengkak terutama pada bagian mata
  • Sesak nafas
  • Penurunan kesadaran
Rasa gatal di wajah dan pipi Ibu L dapat disebabkan oleh reaksi alergi karena penggunaan krim wajah. Selain itu dapat juga disebabkan oleh penggunaan masker. Reaksi alergi juga dapat disebabkan oleh udara, debu, ataupun salah satu jenis makanan.

Cara menghilangkan alergi di wajah

Ada beberapa cara menghilangkan alergi di wajah antara lain dengan cara menghilangkan alergen atau pemicunya. Jika alergi disebabkan oleh krim wajah, penggunaan krim dapat dihentikan. Jika penyebab alergi karena penggunaan masker, pemakaian masker juga harus diperhatikan kebersihannya dan pilih bahan masker yang tidak menimbulkan alergi.Bahan alami yang dapat Ibu gunakan, antara lain buah tomat, mentimun dijadikan sebagai masker wajah dan dapat ibu aplikasikan 3x seminggu. Selain itu, Ibu dapat mengkonsumsi obat gatal yang dijual di apotek.

Kapan harus ke dokter?

Jika keluhan yang Ibu rasakan semakin berat terutama adanya sesak nafas, bengkak seluruh tubuh, atau penurunan kesadaran, segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat."Salam sehat.dr.Lidya Hapsari". 
alergigatalsesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil