Bagaimana cara menghadapi kebiasaan buruk saya?

AH Info Penanya: AH
Dok, 1 thn belakangan ini pikiran sy sulit untuk berkonsentrasi dan nafsu makan sy berkurang sehingga bb badan menurun drasti. Badan sy pun mengecil,pola tidur makin sangat tidak teratur. Pada saat saya pusing krn masalah,tidak sengaja sy menemukan brg atau cairan yg berbau menyengat seperti bensin,korek api kayu,spidol saya tidak tau mengapa ingin menghirup dan suka dengan baunya sehingga kecanduan,alhasil tiap ada masalah yg membuat sy pusing kepala sy menghirup itu dan mnjd kebiasaan buruk.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AH,

Depresi adalah salah satu gangguan psikologis akibat adanya beban atau masalah berat yang sedang dihadapi, pada beberapa orang sering terjadi kegagalan untuk memecahkan atau beradaptasi terhadap masalah tersebut.

Ciri-ciri orang depresi adalah :
  1. Sering merasa sedih.
  2. Merasa dirinya tidak berguna.
  3. Mudah mengantuk atau malah terjaga sepanjang waktu (sulit tidur).
  4. Tidak napsu makan atau malah sering makan sebagai pelampiasan karena pada beberapa orang, makan menimbulkan rasa bahagia, sehingga tanpa disadari untuk mengatasi atau melupakan masalah yang sedang dihadapi, orang cenderung untuk makan lebih banyak.
  5. Sulit konsentrasi.
  6. Mudah marah.
  7. Ada pemikiran untuk bunuh diri.
  8. Kehilangan minat terhadap hal-hal yang sebelumnya menyenangkan.
Yang dapat dilakukan untuk mengatasi depresi adalah :
  1. Berusaha berbagi cerita dengan orang yang Anda percaya mengenai masalah yang sedang Anda hadapi.
  2. Mencari kegiatan positif lain untuk mengalihkan perhatian Anda misal berolahraga jogging.
  3. Makan sayur dan buah lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan vitamin Anda.
  4. Usahakan tidur secara teratur.

Dari cerita yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda mengalami depresi dan menemukan pelampiasan dengan cara menghirup benda-benda yang menimbulkan bau-bau tertentu seperti lem, spidol, bensin yang pada akhirnya sampai menimbulkan kecanduan. Hal ini harus segera diatasi, yang pertama adalah mengatasi masalah yang sedang Anda rasakan dengan berkonsultasi dengan psikiater, nantinya dokter akan melakukan tanya jawab dan meresepkan obat untuk mengatasi kecanduan Anda. Selain itu Anda perlu menjauhkan benda-benda tersebut agar tidak memancing Anda mengulangi kebiasaan buruk tersebut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.