12 Jan 2021, 05:12Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menggunakan mediklin yang benar?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dok, setelah berhenti menggunakan krim wajah dokter saya jadi menggunakan salep jerawat mediklin. Setelah pemakaian kenapa kulit saya jadi timbul jerawat baru dan timbul redness, apa kondisi ini purging atau memang tidak cocok?
1323 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, SL.Memiliki wajah yang mulus tanpa ada jerawat, bekas jerawat, bekas luka, atau noda seperti tahi lalat, merupakan idaman setiap orang tertutama kaum wanita. Wajah yang bersih, putih, mulus akan menambah rasa percaya diri dan kecantikan seseorang, terlebih jika kecantikan ini juga diikuti dengan perililaku yang baik dan sopan. Semua orang akan memandang dengan perasaan kagum.

Apa yang menyebabkan munculnya jerawat di muka ?

Penyebab jerawat yang muncul di muka, dan berbagai organ tubuh yang lain adalah penyumbatan kelenjar rambut akibat minyak dan sel kulit mati. Produksi kelenjar minyak yang berlebih di wajah dan kebersihan muka yang tidak dijaga dengan baik, membuat jerawat muncul berdatangan. Hal ini akan membuat stress penderitanya.

Apa kandungan obat jerawat mediklin dan bagaimana cara penggunaannya ?

Cara mengatasi jerawat adalah dengan mengontrol kelenjar minyak yang ada di muka dan menjaga keebersihan muka. Selain itu hindari kebiasaan memegang dan memencet jerawat dengan tangan yang kotor. Kurangi paparan muka terhadap debu dan sinar matahari menggunakan sunblock dan penutup wajah. Ada beebrapa obat yang dapat menghilangkan jerawat membandel, salah satunya obat jerawat mediklin yang mengandung salap antibiotik, dan ada pula mediklin-TR yang mengandung clindamycin dan tretinoin yang mengurangi produksi minyak di muka. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan tipis-tipis pada jerawat dimana wajah telah dibersihkan sebelumnya 1 hingga 2 kali sehari.

Apa efek samping penggunaan obat jerawat mediklin ?

Efek samping yang mungkin ditimbulkan anatara lain sensasi kulit panas , kulit menjadi memerah, kering, dan mengelupas. Selain menggunakan obat jerawat, Anda juga harus mengkonsumsi minum yang cukup, perbanyak makan sayuran dan buah-buhan. Jika jerawat semakin parah, bretambah banyak, merah, terasa gatal, panas terbakar, bengkak setelah penggunaan obat, maka segera konsultasi ke dokter spesilais kulit. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pengobatan jerawatmakanan penyebab jerawatperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil