Bagaimana cara menggunakan masker lidah buaya?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, wajah saya banyak noda hitam bekas jerawat. Saya dengar masker lidah buaya bagus untuk membuat wajah saya mulus. Tapi penasaran, sebenarnya yang direkomendasikan itu masker lidah buaya digunakan berapa kali dalam seminggu dan bagaimana cara menggunakannya ya, dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Lidah buaya adalah jenis tumbuhan yang memiliki daun yang tebal. Lidah buaya kaya akan vitamin, termasuk vitamin C dan E yang dapat berperan sebagai antioksidan. Dengan demikian, lidah buaya dipercaya bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, seperti mencerahkan dan melembabkan wajah, menghilangkan bercak hitam setelah luka, maupun menghilangkan bekas jerawat. 

Apabila Anda ingin mengaplikasikan lidah buaya sebagai masker wajah, Anda dapat mencampurkan cairan lidah buaya dengan bahan-bahan lain yang juga bermanfaat bagi kulit, seperti almond oil, bubuk kayu manis, ataupun madu. Anda dapat menggunakan masker alami ini setiap dua atau tiga hari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sebelum menggunakan masker tersebut, cuci muka Anda dengan air hangat agar pori-pori dapat terbuka, sehingga nutrisi dari bahan alami tersebut dapat menyerap ke dalam kulit. Lalu, usapkan secara merata ke wajah, diamkan sampai 10 menit, dan bilas sampai bersih. Kemudian, keringkan dengan menepuk kulit lembut dengan handuk.

Tetapi, sebelum menggunakan, pastikan dulu bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan tersebut, ya. Lalu, jika timbul ruam kemerahan atau rasa gatal dan panas pada wajah, segera hentikan penggunaan masker tersebut. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam kegunaan aloe vera gel untuk kulit dan rambut

8 Kegunaan Aloe Vera Gel Ini Bisa Membuat Penampilan Anda Maksimal

Aloe vera gel telah banyak digunakan untuk membuat penampilan semakin maksimal. Terdapat banyak kegunaan aloe vera gel untuk kulit dan rambut yang sayang jika Anda lewatkan.