Bagaimana cara menggunakan apple cider vinegar untuk wajah?

SL Info Penanya: SL
Dokter, bagaimana cara menggunakan apple cider vinegar untuk wajah? Apakah ini aman digunakan setiap hari dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Apple cider vinegar atau kerap kali dsebut dengan istilah cuka apel. Cairan ini terbuat dari air perasan sari apel yang kemudian ditambahkan bakteri khusus untuk proses fermentasinya. Kandungan yang terdapat pada apple cider vinegar ini diantaranya adalah antioksidan, asam amino dan beberapa mineral lainnya. Oleh sebab itu banyak sekali manfaat dari apple cider vinegar ini. Salah satunya untuk kesehatan kulit wajah.

Beberapa manfaat dari apple cider vinegar untuk kulit wajah adalah:

  • Membantu mengeringkan dan mengatasi jerawat pada wajah, bahkan membantu mengatasi kutil pada wajah
  • Membantu mengangkat sel-sel kulit mati
  • Membantu menyamarkan garis-garis penuaan atau keriput

Untuk saat ini memang banyak penelitian yang dilakukan terkait dengan penggunaan apple cider vinegar. Oleh sebab itu, sebelum menggunakannya pastikan Anda mencobanya terlebih dahulu sedikit pada area wajah tertentu. Jika tidak menimbulkan reaksi alergi dan iritasi, maka Anda bisa melanjutkan penggunaannya, namun bila terjadi perubahan reaksi iritasi dan atau alergi (gatal, kemererahan dan sebagainya) segera hentikan penggunaannya.

Gunakan cuka apel secukupnya dan sebaiknya lakukan konsultasi dan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter. Jika keluhan pada kulit wajah dirasa tidak membaik, segeralah periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. Selain itu, pastikan Anda tetap mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta makanan sehat dan bergizi seimbang, lakukan juga olahraga ringan serta jaga kebersihan area wajah dengan mencucu wajah menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beralihlah menggunakan sedotan stainless steel, yang ramah lingkungan.

7 Kelebihan Sedotan Stainless Steel yang Ramah Lingkungan, Ingin Coba?

Sedotan stainless steel sekarang bukan lagi barang baru. Masyarakat mulai beralih menggunakannya, dan meninggalkan sedotan plastik. Apa saja kelebihan sedotan stainless steel?