Bagaimana cara menggatasi Diabetes ?

A Info Penanya: A, Pria, 20 Tahun
Dok.cara mengatasi darah manis & mengobati
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Tubuh manusia memerlukan energi untuk melakukan aktifitas,energi didapat dari makanan dan diolah menjadi zat Glukosa di dalam darah. Glukosa di dalam darah yang terlalu berlebihan kemudian diubah menjadi Glikogen oleh hormon insulin dan disimpan di dalam otot. Keadaan dimana kadar gula (glukosa) di dalam darah terlalu banyak atau melebihi batas dalam istilah medis disebut sebagai Diabetes Melitus.

Diabetes Melitus dibagi menjadi Diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 dikarenakan adanya kerusakan sel pankreas dalam menghasilkan insulin sehingga jumlah insulin dibawah normal. Diabetes tipe 2 disebabkan adanya menurunnya sensitifitas tubuh terhadap insulin sehingga insulin tidak bisa berfungsi optimal. Mayoritas yang terjadi adalah diabetes melitus tipe 2.

Beberapa tips untuk mencegah dan mengurangi gula darah yang tinggi diantaranya :

  1. Kurangi konsumsi gula pasir atau produk olahan yang mengandung gula pasir yang mengandung kalori yang tinggi.
  2. Kurangi konsumsi nasi yang terlalu banyak, dimana kandungan karbohidrat yang terlalu tinggi nantinya bisa memicu kenaikan gula darah.
  3. Jagalah berat badan Anda. Berat badan berlebihan bisa memicu menurunya efektifitas insulin.
  4. Rutinlah melakukan cek gula darah minimal sekali setahun.
  5. Olahraga teratur, sebab olahraga mampu membantu proses metabolisme tubuh optimal dan membantu regulasi transformasi glukosa menjadi glikogen dan sebaliknya secara optimal.
  6. Konsumsi beberapa makanan yang bagus untuk membantu produksi insulin semisal Pare, bawang putih dan brokoli serta menghindari makanan junkfood dan yang mengandung lemak misal jeroan (paru, kikil dll). 

Berikut saya sertakan artikel Jalani pola hidup sehat untuk hidari Diabetes 

Ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter apabila Anda mempunyai pertanyaan lainya dan agar Anda bisa mengetahui kesehatan diri Anda lebih dini. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menu lebaran sehat tidak harus selalu mengandung santan.

5 Alternatif Menu Lebaran Sehat yang Wajib Coba

Sajian saat lebaran selalu identik dengan masakan serba santan. Yuk sayangi tubuh dengan membuat alternatif menu lebaran sehat berikut ini.