07 Jun 2020, 18:53Kanker

Bagaimana cara mengetahui tumor ganas tanpa harus ke dokter?

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dokter, gimana sih cara ngebedain tumor ganas sama tumor jinak tanpa harus ke dokter?
11897 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat malam, S.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Tumor merupakan benjolan atau jaringan abnormal yang tumbuh di bagian tubuh mana saja dan bersifat jinak atau ganas. Tumor yang bersifat ganas dikenal dengan istilah kanker. 

Jenis-jenis tumor

Menurut penelitian, tumor dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  • Tumor jinak. Bersifat tidak berbahaya, pertumbuhannya lambat, dan tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Yang termasuk tumor jinak: adenoma, fibroid, hemangioma, lipoma.
  • Tumor prakanker. Tumor ini belum menjadi kanker namun memiliki potensi yang ganas. Yang termasuk tumor prakanker: actinic keratosis, displasia serviks, leukoplakia, metaplasia paru. 
  • Tumor ganas atau kanker. Pertumbuhannya cepat, sangat merusak, dan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain. Yang termasuk tumor ganas: karsinona, sarkoma, blastoma, sel germinal. 
Perbedaan tumor jinak dan ganas yaitu jika pada tumor jinak,  tumor ini tidak merukan sel dan jaringan yang sehat, perkembangannya juga lambat, dan tidak menyebar ke jaringan tubuh yang lain. Sehingga diangga tidak berbahaya. Sedangkan pada tumor ganas atau kanker, tumor ini bisa menyebar ke sel dan jaringan tubuh yang lain dan akan tumbuh secara cepat. Selain itu, kanker juga membentuk tumor-tumor baru yang sifatnya merusak sel tubuh. Untuk itu, jika Anda merasa ada muncul benjolan pada bagian tubuh Anda, sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis bedah untuk memastikan apakah benjolan tersebut merupakan tumor jinak atau kanker. Sehingga penanganannya pun cepat dan tepat.Salam sehat,dr. Ester
kankertumortumor jinak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil