Bagaimana cara mengetahui kehamilan yang akurat?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Hi dok, saya dan suami menikah 3 bulan lalu. Sudah 2 minggu saya telat haid, apakah ini sudah pasti hamil? Bagaimana cara tahu akuratnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WI.

 

Terlambat haid memang sering dikaitkan dengan terjadinya kehamilan padahal faktanya ada beberapa kondisi juga yang menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam haid.

Perlu diketahui beberapa hal yang menyebabkan terlambatnya haid diantaranya:

  • Kehamilan.
  • Stres dan kecapean.
  • Penggunaan alat kontrasepsi Kb hormonal.
  • Hormon tidak stabil.
  • Perubahan berat badan yang drastis.
  • Penyakit kandungan yaitu endometriosis, mioma uteri ataupun PCOS.

Terkait dengan keluhan Anda sebaiknya lakukan terlebih dahulu tes kehamilan sederhana dirumah dengan menggunakan test pack, waktu terbaik adalah ketika 12 hari sejak keterlambatan haid dimana pada waktu ini kemungkinan besar hormon kehamilan hCG sudah mulai meningkat dan diharapkan hasil yang diperoleh akurat. Jangan lupa untuk melakukan test pack saat pagi hari setelah bangun tidur dengan urin pertengahan kencing. Jika hasilnya diragukan sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan USG kandungan yang dianggap lebih akurat dibandingkan test pack.

Selalu jaga kondisi fisik dengan makan bergizi, berolahraga, istirahat yang cukup, minum vitamin kehamilan dan juga hindari stres.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.