Bagaimana cara mengenali menstruasi akan datang?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
tanda-tanda mau menstruasi apa aja ya dok? saya hampir 2 bulan belum dapet padahal perut udah mulai kram dan banyak jerawat dimuka sejak 1 minggu lalu. biasanya kalo begini tanda mau dapet tapi sampe sekarang belum dapet juga
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Menstruasi seorang wanita umumnya berlangsung setiap 21-35 hari sekali dengan durasi rata-rata 2-7 hari.

Menjelang menstruasi akan dikenal istilah pre menstrual syndrome (PMS) yang memiliki ciri-ciri :

  1. Perubahan suasana hati, menjadi lebih sensitif, uring-uringan, dan mudah marah.
  2. Perut terasa penuh.
  3. Nyeri perut bagian bawah.
  4. Payudara terasa lebih besar dan lebih sensitif.
  5. Badan terasa lemas.
  6. Pusing.

Bila Anda sudah terlambat haid selama 2 bulan dan belum melakukan hubungan seksual, maka terlambat haid bisa karena faktor stres, kelelahan, perubahan berat badan baik bertambah atau berkurang secara mendadak, adanya PCOS.

Namun bila Anda sudah berhubungan seksual, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan tes pack untuk menentukan sedang hamil atau tidak. Pemeriksaan tes pack bisa dilakukan 7 hari setelah terlambat haid.

Sementara yang dapat Anda lakukan sebagai usaha agar siklus haid kembali normal bila Anda tidak sedang hamil adalah perbanyak makan sayur dan buah, minum air yang banyak, cukup istirahat, jangan begadang, dan olahraga ringan setiap hari.

Bila dalam 3 bulan berturut-turut tidak haid samasekali dan tidak sedang hamil, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.