Bagaimana cara mengembalikan bekas luka bakar?

HS Info Penanya: HS, Pria, 2019 Tahun
Gimana cara mengembalikan bekas luka bakar yang memutih agar kmbali normal..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore HS,

Luka bakar adalah luka yang timbul karena benda panas ataupun paparan dengan api atau sengatan listrik dimana luka bakar sendiri terdiri dari beberapa derajat tergantung berat ringannya luka yang ditimbulkan. Luka bakar dapat menimbulkan bekas terutama pada luka bakar derajat lanjut. Perubahan warna kulit sendiri bisa disebabkan karena kerusakan lapisan kulit yang mengandung pigmen saat terjadi luka bakar.

Untuk bisa menghilangkan bekas luka bakar dapat dilakukan beberapa cara seperti:

Gunakan krim dengan kandungan pelembap dan tidak mengandung vitamin A atau vitamin E yang bisa membuat bekas makin jelas, gunakan lembaran gel silikon, dengan prosedur laser ataupun tindakna operasi untuk menghilangkan kulit yang timbul bekas luka bakar. 

Ada baiknya untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter spesialis kulit terlebih dahulu untuk menentukan bekas luka yang timbul dan memberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, keringat berlebih (hiperhidrosis) harus segera diatasi

Bye-Bye Keringat Berlebih! Inilah Tips Jitu Mengatasinya!

Keringat berlebihan adalah kondisi yang umum terjadi. Namun, kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Terlebih, jika keringat berlebihan muncul di ketiak, telapak tangan, maupun telapak kaki.