Bagaimana cara mengedukasi anak remaja mengenai cinta?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, saya punya anak remaja yang baru puber dan mulai pacar-pacaran. Dia kemarin bertanya, apa sih bedanya sayang dengan cinta? Bagaimana ya dok menjelaskannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Usia pubertas adalah usia rawan di mana perlu pendampingan dari orang tua karena terjadi perubahan hormonal, dan perubahan cara bergaul dari masa anak-anak menjelang dewasa.

Bila anak tidak mendapat pendampingan dari orang tua, maka seringkali anak akan terbawa oleh faktor lingkungan yang belum tentu benar. Pendampingan tersebut baik dari segi penjelasan perubahan tubuh yang ada misal pada anak perempuan akan muncul menstruasi, payudara yang semakin membesar atau pendampingan psikologis mengenai rasa ketertarikan dengan lawan jenis.

Perihal perbedaan antara rasa sayang dan cinta Anda sebagai orang tua bisa menjelaskan bahwa sebagai sesama makhluk hidup, kita harus saling menyayangi dan tidak membeda-bedakan status orang lain.

Anda bisa memberi contoh bahwa rasa cinta bisa digambarkan sebagai rasa cinta antara ayah dan ibu atau dari orang tua ke anak, namun tentunya rasa tersebut berbeda dengan rasa sayang yang muncul antar teman. Rasa sayang bisa dengan semua orang tanpa memandang jenis kelamin, sedangkan rasa cinta lebih ke arah ketertarikan dengan lawan jenis.

Yang penting lakukan komunikasi dengan anak dan perhatikan teman-teman yang bergaul dengan anak Anda, namun hindari kesan mengintrogasi anak. Lakukan pembicaraan saat kondisi sedang santai.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menonton TV secara langsung akan memengaruhi waktu tidur anak

Ingin Anak Tidur Lebih Nyenyak? Jauhkan Mereka dari TV

Bukan hal yang asing bahwa banyak anak memilih menghabiskan waktu menonton TV dibandingkan bermain di luar rumah. Hal ini juga terjadi pada anak berusia dini. Menonton TV secara langsung akan memengaruhi waktu tidur anak.