20 Nov 2021, 13:16Kandungan

Bagaimana cara mengecilkan perut pasca melahirkan?

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Selamat siang Dok, saya sudah dua bulan melahirkan dan mau mulai untuk mengecilkan perut. Tapi kenapa yang dok, sehabis melahirkan apsti perut membesar dan sulit untuk kembali ke kondisi sebelum hamil? Bagaimana cara mengecilkan perut pasca melahirkan? Kasih tips dong dok program yang bisa saya lakukan untuk mengecilkan perut?
38 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Setelah melahirkan akan terjadi perubahan dalam hidup seperti tanggung jawab terhadap anak serta perubahan badan.  Saat hamil, badan akan beradaptasi karena adanya perkembangan janin di rahim sehingga akan muncul stretch marks hingga pembesaran perut.  Umumnya kondisi ini dapat bertahan hingga 8 minggu kedepan paska lahiran dimana semakin lama akan mengecil dengan sendirinya apalagi pada Ibu yang memberikan ASI eksklusif.  Pada beberapa wanita pembesaran perut serta kulit yang menggelambir paska kehamilan masih dapat terjadi hingga hitungan tahun, hal ini yang membuat wanita ingin menghilangkan perut yang menggelambir paska melahirkan.Jadi yang anda alami merupakan hal yang normal, tidak perlu khawatir, berikan waktu badan untuk menyesuaikan pasca melahirkan.  Ada yang mengatakan menggunakan korset dapat mengecilkan perut pasca melahirkan namun hal ini lebih ditekankan untuk ibu dengan persalinan caesar karena dapat mengurangi nyeri bekas operasi dan mempercepat penyembuhan. 

Tips untuk bantu mengecilkan perut pasca melahirkan :

  • Olahraga yang memfokuskan pada memperkuat otot perut dengan gerakan yang bertahap.  Contoh gerakannya seperti V-ups, plank, crunches, mountain climbers.  
  • Pola makan diatur tetap mengandung tinggi gizi dan pilih cemilan yang sehat disela makan, contohnya buah-buahan, yoghurt tanpa pemanis buatan. 
  • Hindari makanan yang terlalu banyak menganduk lemak jahat, gorengan, instan, dan kafein. 
  • Menyusui ASI ekslusif minimal selama 6 bulan pertama.  
  • Tambahkan asupan probiotik untuk jaga kesehatan pencernaan sehingga tidak menambah perut semakin buncit. 
Lakukan pemeriksaan ke dokter jika perut membesar semakin lama bertambah disertai adanya rasa nyeri perut hebat. Anda juga dapat membaca beberapa forum kami terkait topik mengecilkan perut di bawah ini :Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
melahirkankehidupan pasca melahirkanlatihan otot perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil