18 Mar 2020, 14:19Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mengecilkan betis?

Z
Info Penanya: Z, Pria, 21 Tahun
Selamat pagi, dok. Saya punya badan yang bentuknya itu lebih besar dibagian bawah daripada atas, katanya sih pear body. Saya sangat tidak pede dengan betis saya yang cukup besar, apa ada cara untuk mengecilkannya?
12017 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, MM.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian kaum wanita. Pada sebagian wanita, betis yang tampak besar dapat menurunkan rasa percaya diri karena dianggap mengganggu penampilan. Pada dasarnya, terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi ukuran betis.

Beberapa faktor penyebab betis yang besar diantaranya adalah :

  • faktor genetik atau keturunan
  • lemak tubuh yang berlebih dan menumpuk pada bagian tertentu khususnya betis
  • kurangnya aktivitas fisik karena pola hidup sedenter
  • konsumsi garam yang berlebih 
  • kondisi medis dan penyakit tertentu seperti edema dan filariais
Terkait dengan keluhan Anda, pada tipe-tipe bentuk tubuh memang penumpukan lemaknya dapat berbeda, dan setiap tipe memiliki kecenderungan untuk menumpuk lemak pada bagian tertentu. Untuk itu, jika Anda memiliki tipe bentuk tubuh yang  memiliki kecenderungan menumpuk lemah pada bagian tubuh bawah khususnya betis, untuk mengecilkannya diperlukan upaya olah raga khusus yang melatih bagian betis secara rutin untuk membakar lemak yang sudah menumpuk, dan pengaturan pola makan rendah lemak untuk mencegah penumpukan lemak terjadi kembali.

Berikut beberapa rekomendasi olah raga yang dapat Anda lakukan selama 30-60 menit, 3-5 kali/minggu, yakni :

Mengenai pola makan yang perlu diperbaiki adalah, mengurangi konsumsi sumber karbohidrat dan makanan yang mengandung gula, batasi asupan lemak dan perbanyak sumber lemak baik seperti alpukat, perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan yang tidak terlalu manis dan protein tanpa lemak. Hindari makanan kemasan, makanan olahan dan cepat saji.Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan ahli kedokteran olah raga dan dokter Spesialis Gizi.  Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
tips dietolahragamakanan sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil