Bagaimana cara mengatasi telat haid satu bulan?

SL Info Penanya: SL
Dok, saya agak takut dengan siklus haid saya. Sudah satu bulan saya telat padahal belum menikah. Apakah ada dok cara mengatasi telat haid yang kasusnya seperti saya ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Haid adalah keluarnya darah dari organ reproduksi wanita yaitu vagina yang merupakan suatu proses normal yang dialami hampir seluruh wanita semenjak masa remaja ketika menginjak masa pubertas sampai dengan masa menopause. Siklus haid normal pada wanita yaitu 21 hari sampai dengan 35 hari dengan rata-rata wanita bersiklus haid 28 hari. Haid ini terjadi karena adanya pengaruh hormon-hormon reproduksi pada wanita. Selain karena adanya kehamilan, terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan siklus haid ini menjadi tidak terautur.

Beberapa keadaan yang dapat mempengaruhi siklus haid adalah:

  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita (kista, polip rahim, tumor rahim dan sebagainya)
  • Stres
  • Kelelahan
  • PCOS
  • Efek samping dari penggunaan KB
  • Berat badan berlebih (obesitas)
  • Diet eksktrim yang menyebabkan berat badan turun secara mendadak

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar siklus haid lancar adalah dengan menghindari stres dan kelelahan, konsumsi makanan sehat dan bergizi simbang, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, berolahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar, biasakan pola hidup bersih dan sehat.

Apabila, sudah mencoba melakukan beberapa tips tersebut, namun siklus haid masih belum juga lancar, atau timbul nyeri hebat pada perut dan atau disertai dengan demam, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Semoga bemanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.