Bagaimana cara mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil?

SL Info Penanya: SL
Dok, sudah 3 bulan ini saya telat datang bulan. Saya takut ini menyebabkan saya hamil. Saya dan suami sedang melakukan program menunda kehamilan dok. Adakah cara mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Datang bulan atau menstruasi merupakan kondis yang normal terjadi pada wanita. Siklus menstruasi normal pada wanita yaitu 21 hari sampai dengan 35 hari dan dengan rata-rata wanita mempunyai siklus menstruasi 28 hari. Sedangkan, apabila siklus menstruasi seorang wanita tiba-tiba berhenti selama 3 bulan (90 hari) berturut-turut maka kondisi ini disebut dengan amenorea sekunder. Penyebab amenorea sekunder ini bisa karena adanya stres, masalah hormonal, efek samping obat-obatan, penggunaan alat konrasepsi, atau adanya masalah lain pada organ reproduksi wanita. 

Adapun beberapa cara agar siklus menstruasi lancar adalah:

  • Hindari stes dan kelelahan, beristirahat dengan cukup
  • Pastikan berat badan Anda ideal, hindari mengalami perubahan berat badan secara mendadak
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang
  • Cukupi kebutuhan cairan harian Anda
  • Lakukan olahraga ringan secara rutin dan juga terjadwal
  • Konsumsi sayur dan buah-buahan

Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila Anda berencana untuk menunda kehamilan, Anda bisa melakukan senggama terputus atau juga bisa menggunakan alat kontrasepsi. Saat ini sudah tersedia berbagai macam pilihan laat kontrasepsi seperti kondom, pil KB, suntik KB, IUD, KB implan, dan lain-lain. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan terdekat untuk memastikan jenis alat kontrasepsi yang sesuai bagi Anda dan pasangan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab haid tidak teratur bisa jadi stres

6 Hal Penyebab Haid Tidak Teratur yang Mungkin Terjadi

Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa penyebab haid tidak teratur. Padahal, seharusnya seorang wanita mengalami menstruasi sebulan sekali.