Bagaimana cara mengatasi susah untuk tidur?

GR Info Penanya: GR, Pria
Dokter saya butuh alprazolam . Karena saya kalau malam susah untuk tidur . Dan kebayakan pikiran dan pernah depresi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam GR,

Keluhan sulit tidur yang dialami perlu diatasi penyebabnya dimana obat yang Anda sebutkan sifatnya adalah mengatasi kecemasan dan membantu tidur tetapi bisa mengakibatkan gangguan kesehatan terutama jika menjadi kecanduan ataupun jika dihentikan mendadak. Obat tersebut juga dapat menimbulkan efek samping yang ringan sampai berat seperti depresi otot napas yang membuat kesulitan bernapas yang bisa membahayakan jiwa.

Dalam hal ini kami sarankan Anda untuk dapat memeriksakan diri dan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis jiwa agar dilakukan penanganan terhadap gangguan tidur yang dialami tidak hanya menggunakan obat tetapi juga dilakukan konseling dan psikoterapi.

Perhatikan hal apa yang memicu Anda sulit tidur, jika karena banyak pikiran upayakan untuk berbagi cerita pada orang yang dekat atau dipercaya agar membantu meringankan beban atau juga membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi, melakukan relaksasi agar bisa tenang dan tidur dengan nyenyak seperti dengan bermeditasi, berolahraga, melakukan latihan pernapasan, mandi air hangat ataupun juga bisa mengonsumsi beberapa bahan alami selain obat tidur untuk membantu Anda mengantuk dan bisa tidur dengan kualitas dan kuantitas yang baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi adalah gangguan mental yang menjadi penyebab kecacatan tertinggi kedua setelah HIV/AIDS

Penyebab Depresi dan Perbedaannya Berdasarkan Jenis Kelamin

Penyebab depresi cukup berbeda di antara wanita dan pria. Dalam penyebab depresi pada wanita, depresi dapat dipengaruhi oleh faktor biologis, ekspektasi sosial, dan lain-lain. Sementara dalam penyebab depresi pada pria dipengaruhi oleh penggunaan obat terlarang, kekerasan seksual sewaktu kecil, dan lain-lain.