Bagaimana cara mengatasi sulit tidur?

HM Info Penanya: HM, Pria
asallamungalaikum.saya hani mustofa saya insomnia sudah 3 semam tidur cuma 1 jam kadang tidak bisa tidor sedetik pun .sudah beropat ke pesikiatri cuma di kasih obat.kalu gk minum obat gk bisa tidur.saya minta saran yang baik buat keadaan saya .terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HM,

Gangguan tidur adalah salah satu keluhan yang dapat menyebabkan terganggunya waktu tidur sehingga berpengaruh pada kesehatan dan juga produktivitas karena tidur adalah salah satu kebutuhan utama agar bisa menjaga kesehatan dan juga memenuhi kebutuhan istirahat tubuh.

Insomnia atau sulit tidur merupakan salah satu bagian gangguan tidur yang bisa dirasakan dengan sulit memulai tidur, sulit mempertahankan tidur, ataupun terbangun terlalu dini dan sulit kembali tidur. Jika sudah pernah berobat pada psikiater dan masih tetap sulit untuk tidur maka perlu diperhatikan kebiasaan dan kondisi apa yang memicu kesulitan tidur.

Penting untuk mengatasi insomnia dengan mengembalikan kebiasaan tidur sebagaimana mestinya dengan tidur di waktu yang sama setiap harinya, upayakan tetap aktif bergerak dengan berolahraga, menjaga kebugaran tubuh, melakukan konseling kembali terutama jika ada permasalahan psikologis yang mendasari, lakukan relaksasi dengan mandi air hangat, yoga, ataupun menyegarkan pikiran dengan melakukan hobi, hindari konsumsi kafein atau alkohol berlebih, dan perlu dilakukan penyesuaian dengan kegiatan yang dilakukan misalnya jika bekerja shift. Jika keluhan masih tetap timbul maka perlu kembali memeriksakan diri pada dokter spesialis jiwa untuk dilakukan evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

OT
11 Nov 2019, 16:39
Assalamualaikum, Bagaimana cara menghilangkan Sinusitis tanpa operasi?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidur berjalan sering dialami oleh banyak orang terutama pada anak-anak

Waspadai Tidur Berjalan pada Anak Demi Keselamatan Mereka

Tidur berjalan sering dialami oleh banyak orang, terutama pada anak-anak. Walaupun tidak mengganggu kesehatan, kondisi ini dapat berakibat fatal jika anak-anak melakukan perbuatan yang membahayakan diri sendiri ataupun orang di sekitarnya.