Bagaimana cara mengatasi sleep paralysis saat tidur?

BH Info Penanya: BH, Pria, 22 Tahun
Bagaimana cara mengatasi terjadinya Sleep Paralysis saat tidur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, B

Sleep paralysis termasuk kondisi yang tidak berbahaya. Berlangsung hanya beberapa detik/menit. Lebih sering pada usia remaja atau dewasa muda. Gejala utamanya adalah sadar terhadap lingkungan namun tidak bisa bergerak atau bicara. Kejadiannya sering saat bangun tidur, namun bisa juga saat baru mau tidur.

Jika kejadiannya sering, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter, apalagi jika Anda menjadi sulit tidur dan mengantuk di siang hari sampai mengganggu aktivitas Anda. Penyebabnya karena fase REM (rapid eye movement/gerakan mata cepat) tidur terjadi saat Anda bangun.

Faktor penyebabnya adalah kurang tidur, insomnia, kerja shift, jet lag, riwayat di keluarga, dan sering tertidur secara tiba-tiba (narkolepsi). Pencegahannya dengan tidur 6-8 jam, tidur pada waktu tetap, suasana lingkungan tidur yang nyaman, hindari makan besar, merokok, atau alkohol sebelum tidur serta olahraga yang teratur. Saya lampirkan artikel yang bisa Anda baca Apakah Sleep Paralysis Adalah Gangguan Mahluk Halus?

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sleep paralysis identik dengan ketindihan dan hal-hal mistis lainnya, tetapi penyebab susah tidur ini bisa diatasi secara ilmiah

8 Cara Terhindar dari Ketindihan Saat Tidur

Sleep paralysis atau kelumpuhan saat tidur selalu dikaitkan dengan ketindihan, tetapi secara ilmiah, penyebab susah tidur ini bukanlah karena makhluk tak kasat mata dan bisa diatasi dengan beberapa cara yang mudah dilakukan.