Bagaimana cara mengatasi rasa cemas berlebihan?

AN* Info Penanya: AN*, Pria
Dok.. Bgmn cara menghilangkan rasa cemas berlebihan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HS,

Cemas adalah perasaan yang tidak tenang, merasa ketakutan, tidak nyaman, gelisah akan sesuatu, dan juga bisa sebagai respon tubuh terhadap kondisi tertentu seperti adanya permasalahan atau beban pikiran.

Untuk menghilangkan atau mengatasi rasa cemas kita perlu mengetahui apa yang menjadi pemicunya, kapan cemas berlebihan muncul, dan apakah rasa cemas bisa menetap sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika timbul berlebihan dan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari maka perlu untuk memastikan penyebabnya pada dokter spesialis jiwa agar dilakukan evaluasi dan penanganan baik melalui konseling ataupun pengobatan seperti pemberian obat antianxietas jika memang diperlukan.

Beberapa upaya lain yang bisa dilakukan mengatasi cemas diantaranya adalah:

  • Mengelola rasa cemas dengan menenangkan diri bisa dengan bermeditasi, melakukan latihan pernapasan, melakukan visualisasi terhadap hal yang menenangkan
  • Menyalurkan energi atau rasa cemas pada kegiatan yang bisa membantu meredakan emosi seperti berolahraga
  • Lebih berpikiran positif
  • Berbagi cerita pada orang terdekat ataupun pada orang yang dipercaya.

Jika tetap kesulitan jangan ragu untuk meminta bantuan profesional dengan berkonsultasi pada psikiater atau psikolog. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsultasi psikologi adalah satu-satunya pilihan perawatan untuk mengatasi sindrom Munchausen

Perilaku Sering Pura-pura Sakit: Apakah Perlu Konsultasi Psikologi?

Sindrom Munchausen adalah gangguan psikologis yang menyebabkan penderitanya sering pura-pura sakit. Tujuannya, untuk mendapatkan perhatian. SIndrom Munchausen ini diakibatkan oleh kekerasan pada anak yang berdampak pada perilakunya.