bagaimana cara mengatasi nyeri dada yang sering kambuh dan membuat sesak nafas?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 15 Tahun
Halo dok saya mau nanya tentang keluhan yang sedang saya alami. Terkadang saya merasakan dada saya nyeri jadi harus mengambil nafas besar untuk bisa melegakan nyeri di dada, tapi nyeri ini berulang-ulang. Saya merasa tidak nyaman sekali karena saya rasa dada saya seperti sesak sekali. Bagaimana cara mengatasinya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NAR,

Nyeri dada pada seseorang bisa dirasakan dari derajat ringan sampai berat dibarengi sesak nafas, dada terasa panas hingga muntah ataupun pingsan. 

Beberapa penyebab nyeri dada diantaranya :

  1. Penyakit jantung, dimana sakit atau nyeri dada dominan di area dada sebelah kiri dimana lokasi jantung berada. Penyakit ini diantaranya sumbatan pada arteri koroner, kelemahan otot jantung maupun infeksi pada otot jantung
  2. Adanya penyakit pada paru-paru atau saluran nafas atas, baik dahak terlalu kental(bronkhitis), sumbatan pada paru atau infeksi pada paru.
  3. Adanya masalah pada otot dada maupun tulang di dada
  4. Gangguan pada sistem pencernaan,misal penyakit GERD atau asam lambung naik. Penyakit ini mayoritas oleh banyak orang disebabkan pola makan salah, stres dan pola hidup kurang sehat lainya.
  5. Adanya faktor psikis misal cemas atau panik.

Bersama ini saya sertakan artikel Penyebab dada sesak dan nyeri untuk menambah wawasan Anda. Konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar didapatkan diagnosa pasti dan terapi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cegukan terus-menerus bisa tidak berhenti selama beberapa hari

Kondisi di Balik Cegukan Terus-Menerus, Bisakah Disembuhkan?

Cegukan terus-menerus adalah cegukan yang tidak berhenti selama berhari-hari. Dalam kasus ekstrem, cegukan bisa berlangsung berbulan-bulan. Cegukan kronis seperti ini bisa menjadi gejala dari suatu gangguan kesehatan sekaligus dapat menimbulkan masalah kesehatan.