05 Jan 2021, 08:38Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mengatasi ngompol pada orang dewasa?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dok, umur saya 25 tahun tapi kenapa ya saat tidur saya masih sering ngompol dan tidak sadar. Bagaimana cara mengatasi ngompol pada orang dewasa secara alami?
207 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, SL.Mengompol adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat menahan rasa ingin berkemih, tidak sadar jika berkemih, baik dalam keadaan terbangun atau sedang tertidur. Mengompol ini sering dialami oleh anak-anak dan lansia, namun tidak menutup kemungkinan pula terjadi pada orang dewasa. Mengompol disebut juga dengan enuresis dalam istilah medis.

Apa penyebab ngompol pada orang dewasa ? 

Mengompol pada orang dewasa dapat berlansung terus menerus sejak kecil yang disebut dengan enuresis primer ataupun mengompol ini muncul kembali setelah sebelumnya orang dewasa tersebut sudah bisa menahan air kencing walau sedang tidur disebut dengan enuresis sekunder.  Penyebab ngompol pada orang dewasa antara lain minum terlalu banyak, konsumsi kafein dan obat diuretik, atau karena penyakit tertentu seperti infeksi saluran kemih dan dibates militus.

Cara mengatasi ngompol pada orang dewasa

Cara mengatasi ngompol pada orang dewasa antara lain mengatasi terlebih dahulu penyebab mengompol karena penyakit, periksa kesehatan minimal 6 bulan sekali termasuk pemeriksaan darah, gula, dan kencing terlebih jika ada keluhan. Lakukan senam kegel secara rutin, hindari minuman berkafein sebelum tidur, kencing sebelum dan di pertengahan tidur dengan memasang alarm, dan hindari menahan kencing.Jika kebiasaan mengompol Anda terus berlanjut diikuti dengan peningkatan nafsu makan, rasa haus yang terus menerus, ingin terus kencing, penurunan berat badan, kencing terasa sakit, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya hapsari.
diabetesinfeksi saluran kemihinkontinensia urine
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil