Bagaimana cara mengatasi mual karena asam lambung dan batuk yang tidak keluar dahak?

AH Info Penanya: AH
Selamat pagi dok saya mau tanya bagaimana cara mengatasi mual karena asam lambung? Dan juga batuk yang tidak keluar dahaknya ?Padahal saya tadi sudah makan pisang dan minum air tapi nggak ada perubahannya...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AHN

Cara untuk mengurangi mual dengan banyak minum air putih dingin, makanan yang tidak berbumbu seperti roti tawar, hindari makanan berminyak/manis, makan sedikit-sedikit namun sering, minum perlahan-lahan dan jangan banyak aktivitas setelah makan.

Untuk mencegah mual dengan makan perlahan-lahan, porsi kecil-kecil dan sering, makanan lunak yang mudah dicerna, dan hindari makanan panas. Setelah makan beristirahat dengan kepala tetap lebih tinggi dari kaki. Jika mualnya di pagi hari, sebelum keluar dari tempat tidur makan crackers atau makanan tinggi protein. Minum air sebelum atau sesudah makan dan jangan berbarengan saat makan. Setelah mual berkurang baru makan sedikit.

Untuk mencegah batuk kering karena iritasi bisa dengan melembabkan udara di rumah. Kalau udara kering nanti tenggorokan dan hidung ikut kering. Banyak minum air putih, tidak perlu panas atau dingin. Hindari merokok dan asapnya, begitu juga asap dari polusi, minyak wangi atau zat kimia lainnya. Kemudian jaga makanan, hindari cokelat, kopi, kacang, makanan berminyak atau manis.

Kalau keluhan belum membaik, berobat ke dokter. Berikut artikel mengenai cara mengatasi mual untuk lebih jelasnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pola makanan untuk penderita asam lambung naik perlu diperhatikan agar bisa mencegah GERD

Cegah GERD dengan Makanan untuk Penderita Asam Lambung Naik

Penderita penyakit asam lambung naik atau GERD sebaiknya mengonsumsi jenis makanan yang bisa membantu dalam mengendalikan produksi asam di lambung. Deretan makanan untuk penderita asam lambung naik bisa meliputi putih telur, jahe, sayuran, dan banyak lagi.