20 Feb 2021, 23:17Psikologi

Bagaimana mengatasi mudah marah dan tertawa sendiri?

VM
Info Penanya: VM0
Dok saya merasa akhir akhir ini saya selalu gampang sakit hati da marah bahkan sedih kepada ayah saya bahkan dari saya kecil sampai saat ini tidak pernah membenci beliau namun di dalam lubuk hati saya rasanya seperti ingin meledak karna marah dan emosi yg saya selalu pendam selama ini bahkan setiap ayah saya marah menghina dan merendahkan saya bahkan beliau berani main tangan terhadap saya itu membuat saya terkadang tiba"sedih dan tertawa sendiri bahkan saya mulai berbicara sendiri dan marah"
50 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, VMTerima kasih atas pertanyaannya.Marah, sedih adalah bentuk emosi manusia dalam menyampaikan apa yang dialami.  Emosi-emosi ini wajar terjadi dan pasti akan dialami oleh setiap orang.  Hanya saja, ketika emosi ini membuat aktivitas menjadi terganggu, hubungan antar personal yang tidak baik, atau malah membuat menarik diri dari lingkungan maka perlu ditindaklanjuti. Rasa tiba-tiba marah atau tiba-tiba menangis lalu tertawa sendiri dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi penanda adanya gangguan mood

Gejala dari gangguan mood :

  • Mudah marah dan gampang tersinggung.
  • Tiba-tiba sering tertawa sendiri lalu menangis.
  • Merasa sendiri dan sering sedih.
  • Gelisah, cemas.
  • Menarik diri dari aktivitas dan hubungan personal.
  • Sulit tidur dan konsentrasi.
Gangguan mood sendiri paling sering terjadi yaitu bipolar dan depresi. Terkait yang anda tanyakan, riwayat traumatis baik secara lisan maupun fisik tentunya akan berpengaruh terhadap mental seseorang. 

Beberapa cara mengatasi gangguan mood :

  • Tuangkan emosi yang dipendam dalam sebuah buku yang ditulis setiap hari.
  • Alihkan pikiran yang mengarah ke negatif dengan aktivitas positif misal mengikuti kelas online, menggambar, melukis, bermain musik, membuat kue.
  • Ikuti komunitas yang positif dan mendukung kesehatan mental.
  • Beri bukti pada orang tua bahwa anda bisa menjadi anak yang membanggakan.
Bila anda merasa hal ini tidak membantu, jangan segan untuk berkonsultasi dengan psikiater secara online ataupun offline guna dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
bipolarmasalah kejiwaangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil