Bagaimana cara mengatasi luka tersusuk paku agar tidak infeksi?

PT Info Penanya: PT
Cara mengatasi luka telapak kaki yang tesusuk paku agar tidak infeksi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PT,

Penanganan awal untuk berbagai jenis luka adalah dengan membersihkan luka menggunakan air mengalir kemudian keringkan. Sedangkan penanganan untuk luka tertusuk paku dimana ditakutkan akan menyebabkan tetanus maka perlu penanganan dari dokter. Dokter akan melakukan penanganan berupa membuat sedikit sayatan untuk melebarkan luka dan membersihkannya hingga ke dalam, selanjutnya disertai dengan peresepan antibiotik. Bila luka tusuk paku menimbulkan luka yang sangat dalam atau jelas-jelas tertusuk paku atau besi yang sudah berkarat maka dokter perlu memberikan suntikan anti tetanus untuk mencegah kemungkinan terjadinya tetanus.

Selama proses penyembuhan luka bila ditemukan luka semakin memerah, bengkak, badan demam maka perlu segera melakukan konsultasi ulang ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keloid umumnya lebih menonjol dan memiliki warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya

Keloid: Penyebab, Gejala, dan Cara Menghilangkannya

Keloid adalah tumbuhnya jaringan parut berlebih pada bekas luka. Meski tidak membahayakan kesehatan, adanya keloid dapat mengganggu penampilan. Apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkan keloid?