03 Jun 2020, 11:45Kulit & Kelamin

Bagaimana cara mengatasi kutu rambut pada anak?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok saya punya anak 5 tahun yang bersekolah TK. Sepertinya dia tertular kutu rambut dari temannya. Apa ada dok obat kutu rambut yang aman digunakan anak-anak?
5952 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Kutu rambut merupakan serangga parasit yang memiliki enam kaki dengan ukuran dewasa, kurang lebih sebesar biji wijen. Kutu ini hidup di kulit kepala dengan mengisap darah manusia di lokasi tersebut. Sedangkan telur kutu berwarna kuning pucat atau titik cokelat, biasanya menempel di dekat pangkal helai rambut. Sekilas tampak seperti ketombe, tetapi tidak dapat luruh hanya dengan disisir.Walaupun tidak berbahaya kutu rambut sangat mengganggu dan dapat dengan mudah menular ke kepala orang lain.

Beberapa cara untuk menghilangkan kutu rambut :

  • Menyisir rambut saat rambut masih basah dapat membantu membuang telur yang menempel pada helai rambut.
  • Cuci rambut dengan obat antikutu sambil mengikuti petunjuk penggunaan. Ulangi pencucian rambut dengan obat ini setelah 7-10 hari untuk mematikan kutu yang mungkin baru menetas.
  • Rendam sisir dan berbagai perlengkapan rambut, seperti bando dan jepit rambut, dalam alkohol atau sampo obat kutu selama sejam. Cuci dengan air hangat atau panas.
  • Selama masa perawatan, hindari mengeringkan rambut anak dengan hair dryer, untuk menghindari kutu berpindah ke area lain.
  • Telur kutu dapat bertahan lama pada pakaian anak. Jadi sebaiknya cuci baju-baju si Kecil dengan air hangat. Begitu juga dengan mainan-mainan anak.
jika dengan beberapa cara menghilangkan kutu rambut diatas keluhan Anda belum membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter kulit, untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kesehatan kulit kepalakutukutu rambut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil