15 Jun 2020, 11:27Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mengatasi kolesterol tinggi?

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok... ibu saya usia 54 thn, punya riwayat kolesterol. Gimana sih dok supaya kolesterolnya ga naik terus? sering tinggi kolesterolnya.
10557 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, S.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kolsterol adalah zat berlemak yang beredar di pembuluh darah manusia. Kadar kolesterol total yang normal yaitu dibawah 200 mg/dL dan LDL (kolesterol baik) >60 mg/dL.  Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.Penyebab utama dari kolesterol yang tinggi yaitu pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan makanan yang berlemak, malas berolahraga, dll. Untuk itu, selain rutin mengkonsumsi obat kolesterol, ada beberapa cara yang dapat ibu Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol di tubuhnya.

Cara menurunkan kadar kolesterol tinggi

Tips menurunkan kolesterol tinggi, yaitu:
  • Menerapkan pola makan yang sehat seperti makan makanan yang mengandung lemak tak jenuh: gandum, alpukat, ikan salmon, buah, kacang-kacangan, apel, pir. 
  • Olahraga yang rutin minimal 30-60 menit sehari. 
  • Tidak merokok. 
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal. 
  • Tidak mengkonsumsi alkohol. 
Lalu, jangan lupa untuk rutin cek kolesterol ke dokter penyakit dalam agar kadar kolesterol ibu Anda dapat terkontrol.Salam sehat,dr. Ester
tips kesehatankolesterol
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil