26 Dec 2019, 14:53Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mengatasi keringat berlebihan?

Y
Info Penanya: Y, Pria, 22 Tahun
dok, saya cowo 22 tahun. bagaimana cara mengatasi keringat berlebihan apakah ada obatnya? saya tidak obesitas, tapi ngerasa terganggu mau jalan sebentar aja sudah keringetan dok.
21474 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, Y.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Keringat berlebihan atau yang dalam bahas medis disebut dengan hiperhidrosis, merupakan keadaan yang dapat mengganggu dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan serta rasa tidak percaya diri. Umumnya keluhan ini dialami di bagian ketiak, telapak tangan maupun telapak kaki. Apabila tidak ditangani, keadaan ini dapat berdampak secara fisik dan emosional pada penderitanya. Tidak hanya pada kegiatan sehari-hari penderita seperti memegang pena, mengemudikan kendaraan, tetapi juga meluas pada aspek kehidupan sosialnya.Penyebab dari keringat berlebih ini belum diketahui secara jelas. Penderita hiperhidrosis memiliki kelenjar keringat yang terlalu aktif sehingga memproduksi keringat yang sangat banyak. Pada beberapa kasus, ditemukan bahwa keadaan ini dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.Hiperhidrosis terbagi dua, yakni hiperhidrosis fokus primer yang terjadi pada bagian ketiak, tangan dan kaki, dengan penyebab yang mungkin tidak ditemukan. Sedangkan hiperhidrosis sekunder dapat membuat produksi keringat menyebar ke seluruh tubuh atau pada satu area saja.

Beberapa kondisi medis yang menyebabkan hiperhidrosis sekunder diantanyanya :

  • Akromegali
  • Kecemasan
  • Konsumsi obat-obatan tertentu atau penyalahgunaan zat tertentu
  • Hipertiroid
  • Sindrom karsinoid
  • Kanker
  • Gangguan kontrol gula darah
  • Dan kondisi medis lainnya
Terkait dengan keluhan Anda, keadaan yang Anda alami mungkin merupakan gejala dari hiperhidrosis, namun, untuk memastikan jenis dari hiperhidrosis yang dialami dan pemicunya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Untuk sementara, Anda dapat mengatasi keadaan tersebut dengan menggunakan antiperspirant yang dijual bebas dan menggunakan baju yang menyerap keringat atau berbahan katun.Apabila keluhan sudah mulai sangat menggangu sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Kulit. Dokter mungkin akan menyarankan prosedur tertentu untuk menangani keadaaan tersebut seperti obat-obatan antikolinergik, prosedur laser, suntikan botox, teknik MiraDry, hingga operasi.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
kesehatan kulitkeringathiperhidrosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil