Bagaimana cara mengatasi jerawat dan bekasnya yang memerah

SY Info Penanya: SY, Wanita, 17 Tahun
Pagi dok,umur saya 17 tahun,selama setahun ini saya mulai jerawatan dipipi,didahi dan sekitar alis mata saya.jerawatnya pun tidak memiliki mata dan merah-merah.dan kalau jerawatnya sudah mereda pasti meninggalkan bekas yang memerah dan tak kunjung menghilang.kalau saya menggunakan produk kecantikan,saya takut saya belum bisa menggunakannya.apakah diusia saya sudah boleh menggunakan produk kecantikan?dan bagaimana menghilangkan bekas jerawat memerah yang tak kunjung hilang tersebut?Terimakasihdok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SY,

Jerawat adalah masalah kulit yang kerap dialami terutama pada masa puber atau pada remaja di usia belasan tahun. Jerawat sendiri bisa tumbuh salah satunya dipengaruhi faktor hormonal tubuh yang sedang mengalami perubahan. Jika tidak ditangani dengan baik, jerawat bisa bertambah banyak, meradang dan juga menimbulkan bekas jerawat, sehingga tidak jarang banyak yang mengalami masalah percaya diri karena jerawat dan bekas jerawat tersebut.

Untuk mengatasi jerawat yang memerah atau jerawat meradang sendiri dapat dilakukan beberapa cara seperti:

  • Mencuci wajah secara teratur, bisa gunakan air hangat
  • Gunakan krim yang mengandung benzoil peroksida, sulfur, asam salisilat ataupun bahan lain seperti tea tree oil untuk mengatasi jerawat
  • Kompres jerawat yang meradang menggunakan es
  • Jika tidak memberikan hasil maksimal maka perlu diperiksakan pada dokter kulit atau pada dokter kecantikan

Upaya lain juga perlu dilakukan untuk mencegah jerawat bertambah banyak. Upaya yang perlu dilakukan seperti hindari polusi seperti asap kendaraan, debu, atau pemicu jerawat lain termasuk hindari stres, jangan memencet atau memecahkan jerawat agar tidak meradang.

Jika memiliki rambut panjang, upayakan rambut tidak menutupi wajah karena rambut juga bisa menjadi penyebab terjadinya jerawat karena rambut yang kotor, gunakan tabir surya kalau sering terpapar matahari. Jaga juga asupan makanan agar tidak makan makanan yang banyak minyak seperti gorengan ataupun makanan cepat saji. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Butylene glycol adalah sejenis alkohol

Berkenalan dengan Butylene Glycol, Si Pelembap yang Termahsyur

Butylene glycol adalah zat yang sering kita temukan pada produk perawatan kulit. Zat ini memiliki kemampuan melembapkan kulit dan juga rambut. Apa fungsi lainnya dari zat ini?