Bagaimana cara mengatasi insomnia alami?

TP Info Penanya: TP, Wanita, 22 Tahun
Bagaimana cara mengatasi insomnia?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TP.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Insomnia yaitu gangguan tidur yang terbagi menjadi tiga, yaitu insomnia yang berupa kesulitan untuk masuk tidur, kesulitan untuk mempertahankan tidur atau sering terbangun, dan yang terakhir terbangun pada waktu dini hari tetapi tidak dapat tidur kembali. Keadaan insomnia ini dapat menggangu berbagai aspek hidup seseorang, dari mulai gangguan kesehatan secara fisik dan psikis yang pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Waktu tidur yang baik untuk orang dewasa adalah 7-8 jam. Seiring bertambahnya usia, pengaruh lingkungan, pekerjaan dan faktor-faktor lainnya membuat banyak orang yang tidak dapat memepertahankan kosistenti waktu tidurnya. insomnia yang terjadi sesekali atau ketika ada peristiwa yang memicu sementara waktu masih dianggap wajar. Apabila berlangsung lebih dari satu bulan, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung kepada dokter Spesialis Kesehatan Jiwa.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan insomnia :
  • kecemaan, stes, atau depresi
  • susana kamar yang tidak kondusif (suhu, tempat tidur, suara)
  • mengonsumsi kafein, nikotin atau alkohol
  • penyalahgunaan obat-obatan tertentu
  • gangguan jadwal tidur jaga yang diakubatkan oleh shift pekerjaan
Tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi insomnia meliputi :
  • olah raga di sore hari selama 20-30 menit
  • menghindari makanan yang dapat memicu gangguan tidur seperti makanan berat atau pedas, yang mengandung kafein (kofi, soda), alkohol, rokok
  • mengonsumsi makana yang dapat memicu kantuk seperti teh hangat dengan chamomile 1 jam sebelum tidur
  • menggunakan air diffuser berkomposisi oil yang dapat memberikan efek mengantuk seperti lavender, chamomile , clary sage dan sebagainya
  • tidak menggunakan gadget sebelum tidur, karena efek blue screen yang dapat membuat terjaga semalaman
  • kondisikan kamar senyaman mungkin
  • membaca buku sebelum tidur
  • hindari tidur saat siang
  • pergi tidur pada waktu yang sama setiap hari dan usahakan bangun pagi di waktu yang sama

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab gangguan tidur adalah insomnia.

Kenali Penyebab Gangguan Tidur Seperti Insomia dan Cara Mengatasinya

Seperti yang diketahui, setiap orang tentu membutuhkan waktu tidur yang berkualitas selama 5-8 jam. Gangguan tidur dapat membuat Anda kurang konsentrasi saat berkendara, mengurangi daya ingat, menurunkan suasana hati, dan tentunya berdampak buruk pada pekerjaan atau produktivitas.