Bagaimana cara mengatasi hypersex?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, setelah 4 bulan menikah saya mulai merasa tidak nyaman dengan suami saya. Beliau terlihat hypersex meskipun saya tidak dalam keadaan yang siap untuk berhubungan intim. Bagaimana ya dok cara mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Hypersex atau hiperseksual adalah perilaku seseorang yang kecanduan akan hal-hal berbau seksual, misalnya pornografi, fantasi, ataupun tindakan. Seseorang yang mengalami hiperseksual akan merasa sulit untuk mengontrol dirinya sendiri, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada aspek kehidupan sehari-harinya.

Hiperseksual dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti:

  • Gangguan bagian otak tertentu karena penyakit bawaan
  • Gangguan senyawa kimia otak
  • Ketidakseimbangan hormon tubuh, terutama hormon reproduksi
  • Efek samping obat-obatan tertentu
  • Mempelajari atau melihat perilaku seksual di masa lalu

Mengenai kondisi yang Anda sampaikan, sebaiknya pertama-tama bicarakan hal ini dengan suami Anda. Karena, mungkin saja suami Anda tidak merasakan bahwa perilakunya adalah sebuah masalah. Biasakan untuk selalu berkomunikasi dengan suami, karena keterbukaan adalah kunci dari keharmonisan rumah tangga. Ungkapkan apa yang Anda sukai dari suami, dan apa yang tidak. 

Apabila sudah bicara dan suami mengaku sulit untuk memperbaikinya, Anda dapat mengajak suami berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater (dokter spesialis jiwa), karena penegakkan diagnosis hiperseksual tidak dapat dilakukan oleh mereka yang bukan ahlinya. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, apabila diperlukan.

Dengan pemeriksaan yang sesuai, akan dapat ditegakkan diagnosis tentang suami Anda. Apabila ternyata memang dugaan Anda benar, maka dapat diberikan penanganan berupa obat-obatan atau psikoterapi yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika dilakukan dengan teknik yang benar, menjilat vagina bisa membuat pasangan orgasme

Bahagiakan Pasangan dengan Seks Oral, Ini Teknik Menjilat Vagina yang Benar

Memberikan seks oral pada pasangan bisa menambah sensasi saat di ranjang. Dengan mempelajari teknik menjilat vagina yang benar, dijamin si Dia akan ketagihan.