Bagaimana cara mengatasi haid supaya teratur?

AJ Info Penanya: AJ, Pria
Bagaimana cara mengatasi wanita yang mempunyai sel telur bersifat sel telur pria (androgen)???dan bagaimana cara mengatasi Haid supaya teratur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AJ,

Keluhan sel telur yang bersifat sel telur yang dimaksud mungkin adalah gangguan hormonal dimana kadar hormon androgen atau hormon yang menimbulkan sifat dan kondisi fisik maskulin. Kondisi ini seringkali memicu sindrom polikistik ovari (PCOS) yang bisa membuat gangguan pada siklus menstruasi.

Kondisi kelebihan hormon androgen ini juga bisa dipengaruhi oleh hormon insulin yang berlebih pada tubuh sehingga hormon androgen akan bertambah produksinya. Untuk mengatasinya salah satunya perlu dilakukan perubahan pola hidup dengan diet rendah kalori apabila ada kelebihan berat badan, olahraga teratur, membatasi asupan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti makanan manis, perbanyak sayur dan buah, mengganti susu sapi dengan susu olahan seperti dari kacang, dan batasi asupan makanan berlemak. Penanganan lain juga bisa dilakukan dengan pemberian obat yang sifatnya hormonal ataupun obat-obatan untuk mengontrol gula kadar insulin.

Selain kondisi tadi, haid yang tidak teratur juga bisa timbul karena beberapa penyebab lain seperti kondisi psikis yang stres, kelelahan, aktivitas fisik yang menguras energi, kurang istirahat, berat badan yang tidak terjaga sehingga naik turun dengan ekstrim, gangguan kesehatan lain seperti gangguan tiroid, dan lainnya. Untuk itu kembali konsultasikan kondisi Anda pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terlambat menstruasi tidak selalu tanda dari kehamilan tapi dapat disebabkan oleh hal-hal lain

Tak Hamil, tapi Terlambat Menstruasi? 7 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Siklus menstruasi pada wanita berbeda-beda. Penyebab terlambatnya menstruasi selain kehamilan yaitu stres, kelelahan, terlalu kurus atau gemuk, perimenopause sejak dini dan lainnya.