07 Nov 2021, 07:57Perut

bagaimana cara mengatasi gerd secara alami?

E
Info Penanya: E0
Dokter, cara mengatasi gerd secara alami? Soalnya banyak yang bilang gerd hanya bisa disembuhkan atau diatasi dengan obat obatan. Sebenarnya apa gejala dan penyebab dari gerd? Adakah cara mengatasi gerd secara alami?
103 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan katup esofagus yang memisahkan antara kerongkongan dan lambung sehingga asam dari lambung bisa melewati katup tersebut dan asam dapat naik hingga ke belakang lidah. Kondisi ini diperparah jika Anda serig mengkonsumsi makanan yang meningkatkan produksi asam dalam lambung sehingga lebih mudah untuk meluap ke kerongkongan.Gangguan katup umumnya terjadi karena sering terpapar peningkatan asam lambung yang kemudian mengiritasi katup dan membuatnya tidak berfungsi optimal. Penyebab peningkatan asma lambung yang memicu gerd adalah pertambahan usia, sering terlambat makan, langsung berbaring atau tidur setelah makan, makan terlalu kenyang atau buru-buru, konsumsi makanan pedas, asam, tinggi lemak, bergas, alkohol, dan merokok, kondisi obesitas, kehamilan, ada penyakit kelainan di organ hati, empedu, pankreas, maupun kelainan pada kerongkongan.

Penanganan Awal GERD

Penanganan GERD selain dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan penurun asam lambung, memang dapat dilakukan secara alami yaitu mengubah pola hidup, contohnya :
  • pola makan teratur
  • Tidak makan terburu-buru, porsi sedikit tapi sering sehingga perut tidak terlalu lama kosong namun juga tidak terisi terlalu penuh
  • tidak mengkonsumsi pemicu asam lambung 
  • tidak merokok
  • Upayakan berat badan ideal
  • Atur pola tidur dan hindari stres
  • olahraga ringan secara rutin
Namun jika dengan cara ini keluhan Anda tidak juga teratasi maka penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam agar diberikan pengobatan GERD yang sesuai dan penyakit tidak semakin semakin memberat.Baca juga forum terkait :Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungmaaggerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil