Bagaimana cara mengatasi gatal di telapak tangan?

NA Info Penanya: NA, Pria, 25 Tahun
Dok saya mau tanya. Penyakit kulit telapak tangan kering disertai gatal tiap malam saat tidur, gimana solusinya dok dan apa obatnya. Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NA,

Penyebab gatal dan kulit kering di telapak tangan diantaranya adalah infeksi kulit akibat jamur, infeksi parasit seperti cacing dan kudis, peradangan kulit atau dermatitis, iritasi akibat paparan bahan kimia seperti sabun dan detergen ataupun penyebab lain. 

Perlu diperhatikan apa yang menjadi pemicu timbulnya gatal dan ada tidak orang dalam satu rumah yang mengalami keluhan yang sama karena jika dipicu oleh kudis dapat menimbulkan keluhan gatal terutama malam hari dan bisa menular pada orang yang tinggal dalam satu rumah. Nantinya pengobatan juga perlu dilakukan pada semua yang mengalami gejala jika tidak bisa kembali menular satu sama lain dan terjadi ping-pong dari yang sakit kepada yang sehat dan terus berulang.

Upayakan tidak menggaruk kulit yang kering, gunakan pelembap kulit, hindari mencabut jika ada kulit yang mengelupas agar tidak menimbulkan iritasi dan infeksi dan bisa gunakan lotion calamine untuk mengobati keluhan gatal dan ruam kulit yang ada untuk sementara, sambil memeriksakan pada dokter atau dokter kulit agar dilakukan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Flu singapura sebagai salah satu penyakit kulit pada bayi ditandai dengan adanya ruam.

7 Jenis Penyakit Kulit pada Bayi Ini Sering Menyerang

Penyakit kulit pada bayi biasa terjadi karena sistem imun bayi belum berkembang dengan sempurna. Penyakit kulit pada bayi, seperti flu singapura, campak, cacar air, dsb.