31 Dec 2020, 07:34Psikologi

bagaimana cara mengatasi diri yang toxic

MA
Info Penanya: MA0
pagi dok... dok, saya merasa diri saya toxic, karena saya mudah berpikir dan berprilaku negatif karena dorongan tertentu. bagaimana ya cara mengatasi diri yang toxic?
4375 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang MAToxic people merupakan orang-orang yang terlalu mencintai dirinya (self-love) secara berlebihan tanpa mementingkan ornag-orang sekitarnya. Hal ini bisa mempengaruhi hubungan yang tidak sehat terhadap keluarga, teman dan pasangan.

Ciri-ciri Toxic People

Kita dapat melihat ciri-ciri dari toxic people berdasarkan tingkah laku dan sifatnya. Ciri-ciri toxic people adalah:
  • Mementingkan diri sendiri
  • Sering berbohong
  • Sering mengejek atau menghina orang lain
  • Meremehkan orang lain
  • Tidak terima bila disalhkan sehingga akan menyalahkan orang lain
  • Tidak bisa menerima kritikan orang lain
  • Menghasut orang lain
  • Tidak bisa berempati
Bila anda membiarkan sifat toxic ini terjadi pada diri anda, maka anda bisa tidak disukai dan dijauhi dari pertemanan atau pertengkaran pada hubungan anda. Toxic ini juga bisa berefek negatif pada orang-orang yang sedang mengalami stres atau depresi yang bisa membuat mereka semakin terpuruk hingga melakukan percobaan menyakiti diri sendiri.

Cara menghilangkan sifat Toxic pada diri

Untuk mengubah perilaku negatif diri sendiri anda bisa mulai dengan mencoba melakukan introspeksi diri setiap hari terhadap hal-hal yang telah dilakukan. Jangan ragu untuk meminta pendapat mengenai diri anda dari keluarga, teman, sahabat atau pasangan. Belajarlah untuk menerima kritikan agar anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Belajar pula untuk mendengarkan keluh kesah ornag lain sehingga anda bisa belajar untuk bisa berempati.Selain itu alihkan pikiran-pikiran negatif dengan melakukan hal-hal positif seperti memuji, membantu, berkomentar positif pad orang lain. Bila anda menemukan jaln buntu dan membuat anda stres anda bisa berkonsultasi mengenai masalah ini ke psikolog.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
depresistresmenjalin hubungan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil