15 Mar 2021, 19:53Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mengatasi diabetes keturunan?

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dok, keluarga saya memiliki riwayat diabetes dan saya takut sekali menularkannya kepada anak saya. Bagaimana cara mengatasi biabetes keturunan?
561 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaannya.Diabetes atau gula darah tinggi termasuk pada penyakit kronis yang identik dengan faktor keturunan.  Diabetes itu sendiri memiliki dua jenis yaitu diabetes tipe1 dan diabetes tipe 2.  Diabetes juga dapat timbul akibat kehamilan yang setelah persalinan risiko ibu menderita diabetes menjadi meningkat.  Walaupun memang diabetes dipengaruhi oleh keturunan namun bukan berarti orang tua dengan diabetes pasti anaknya juga mengalami diabetes.  Hal ini juga didukung dengan pola hidup sehari-hari.Penyebab diabetes timbul merupakan kombinasi dari keturunan, obesitas, pola makan tidak sehat, jarang olahraga.  Anda tidak perlu khawatir, bila memiliki riwayat diabetes di keluarga maka mulai dari usia muda sudah menjaga kesehatan tubuh dan mengatur pola makan sehingga risiko diabetes di tubuh tidak terpicu dan menimbulkan keluhan. 

Beberapa cara mencegah timbulnya diabetes :

  • Menjaga berat badan seimbang cukup penting dalam mencegah diabetes.
  • Mengatur pola makan bukan berarti tidak boleh makan yang manis namun membatasi makanan sesuai kalori yang dibutuhkan dan tetap memenuhi gizi seimbang.
  • Membatasi makanan yang diproses, makanan kalengan, makanan berpengawet dan pemanis buatan. Minuman kopi, teh, dan soda.
  • Olahraga secara teratur minimal 30 menit sehari 5 kali seminggu. Mulai dengan olahraga ringan dulu.
  • Hindari merokok dan alkohol.
  • Perbanyak air putih.
Evaluasi ke untuk cek gula darah puasa setiap 6 bulan – 1 tahun sekali untuk menjaga kadar gula darah stabil. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
diabetesmakanan sehatpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil