Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan ketombe?

AC Info Penanya: AC, Pria, 21 Tahun
Dok,gimana sih cara menghilangkan ketombe,Masalah nya ini sekrang di kening saya juga udah kayak ketombe gtu,Dan itu bermuka saat saya dirawat inap di rumah sakit selama 2 minggu dan ngak boleh mandi selama 10 hari,Jadi sebenarnya itu wajar atau ada oenyakit lain,toling dijawab,sekian terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AC,

Ketombe adalah keluhan pada kulit kepala yang menimbulkan serpihan seperti kulit kepala yang terkelupas. Penyebab ketombe bisa beragam mulai dari infeksi jamur, penyakit autoimun seperti psoriasis, kulit kering, peradangan kulit dan lainnya.

Untuk mengatasinya sendiri dapat dilakukan beberapa cara seperti menjaga kebersihan kepala menggunakan sampo dengan kandungan zinc pyritsione, asam salisilat, selenium sulfida, ataupun salep antijamur jika penyebabnya jamur. Atau juga menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa, lidah buaya atau cuka apel untuk mengatasi ketombe.

Jika sudah keluar dari rumah sakit maka perlu segera dilakukan perawatan rambut dan kulit rambut kembali. Jika kesulitan menggunakan produk perawatan antiketombe periksakan pada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit sensitif adalah gangguan kulit yang mudah didiagnosis oleh dokter dan dapat dilakukan perawatan

4 Penyakit Kulit pada Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Ternyata, ada sejumlah penyakit kulit yang biasa dialami pemilik kulit sensitif. Setiap jenis penyakit kulit tersebut membutuhkan langkah perawatan tersendiri. Mulai dari kulit kering, hingga photodermatoses.