Bagaimana cara mengatasi campak pada anak penderita autoimun?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok sudah dua hari ini saya kebingungan. Gimana ya dok cara mengatasi campak pada anak penderita autoimmune?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan umumnya terjadi pada anak-anak terutama yang tidak melakukan vaksinasi. Virus yang menajdi penyebab campak yaitu virus rubeola. 

Tanda dan gejala yang ditimbulkan berupa demam, batuk kering, mata merah (meradang), sakit tenggorokan, bercak pada mulut berupa titik-titik putih keabuan, dan ruam kulit yang besar. 

Umumnya, penanganan campak pada anak tanpa atau dengan autoimun sebenarnya sama. Tidak ada perbedaan khusus. Hanya saja pada anak dengan autoimun, proses penyembuhannya akan lebih lama karena imunnya termasuk kategori lemah. Jadi, butuh pengawasan yang lebih lagi dan kedisiplinan dalam mengkonsumsi obat-obatan. 

Cara pengobatan campak yaitu dengan memberikan obat penurun panas seperti paracetamol, berikan banyak minum agar cairan tercukupi, mengkonsumsi obat pilek yang dijual bebas, dan mengobati mata yang sakit dan bengkak. Selain itu, lakukan isolasi pada anak Anda di rumah. Jangan berhubungan dengan banyak orang dulu. 

Jika keluhan semakin parah, maka sebaiknya anak Anda segera dibawa periksa ke dokter anak agar dapat ditangani dengan tepat. 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala DBD, tipes dan campak umumnya ditandai dengan demam

Sekilas Mirip, Ini Perbedaan Gejala Tipes, DBD, dan Campak

Gejala DBD, tipes dan campak perlu diketahui perbedaannya. Hal ini penting untuk memudahkan proses pengobatan serta mencegah penyakit menjadi semakin parah.