Bagaimana cara mengatasi buah zakar turun sebelah?

JN Info Penanya: JN, Pria, 28 Tahun
Dok, maaf agak jorok dikit, kenapa telur dibawah penis saya, turun satu..Trus besar..Apa itu hernia kah..Mohon penjelasan dan gimana cara mengatasinya..Makasih dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JN,

Skrotum atau kantung buang zakar adalah lapisan yang menyelimuti testis dimana jika ada perbesaran tidak hanya bisa timbul karena testis yang mengalami gangguan saja tetapi juga bisa karena permasalahan di skrotum. 

Ukuran testis sendiri normalnya tidak sama persis kanan dan kiri dan juga letaknya bisa tinggi sebelah, tetapi jika ukurannya menjadi lebih besar sebelah dan disertai gejala seperti rasa nyeri ketika berkemih, nyeri saat berhubungan seksual, atau semakin membesar, atau teraba benjolan maka perlu diperiksakan pada dokter atau dokter spesialis urologi.

Penyebabnya sendiri bisa beragam seperti:
  • Hernia atau turunnya isi rongga perut menembus otot yang lemah dan masuk ke kantung buah zakar
  • Pelebaran pembuluh vena atau varikokel
  • Adanya cairan di kantung buah zakar atau hidrokel
  • Infeksi pada buah zakar
  • Testis yang terpuntir
  • Peradangan pada buah zakar 

Nantinya penanganan akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya, jika penyebabnya adalah infeksi maka bisa ditangani dengan pemberian obat tetapi jika karena hernia, varikokel, hidrokel maka beberapa kasus perlu dilakukan terapi operatif untuk mengatasinya. Upayakan tidak mengangkat beban berat, tidak banyak mengejan, kompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat atau dingin, gunakan pakaian dalam yang nyaman dan segera periksakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan testis dapat disebabkan oleh pembesaran pada pembuluh darah testis

Benjolan di Testis Menimbulkan Rasa Sakit, Apa Penyebabnya?

Benjolan di testis adalah salah satu keluhan dialami oleh anak laki-laki maupun pria dewasa. Salah satu penyebab benjolan di testis adalah varicocele atau pembesaran pada pembuluh darah testis. Kelainan lain juga dapat menyebabkan benjolan di testis, seperti infeksi, peradangan pada kulit atau pembuluh darah balik.