21 Sep 2021, 06:16Penyakit Lainnya

Anak 7 bulan belum merangkak, apakah kondisi ini wajar atau berbahaya ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dok, anak saya sudah umur 7 bulan, tapi dia masih belum merangkak dan hanya ngesot saja pakai perut. Tapi dia sudah bisa duduk. Apakah kondisi ini wajar atau berbahaya? Bagaimana cara mengatasi bayi tidak merangkak? Adakah kondisi terkait dari bayi tidak merangkak ini, Dok?
88 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Sl.Melihat pertumbuhan dan perkembangan anak adalah suatu kebahagiaan tersendiri bagi ibu. Pertumbuhan dan perkembangan anak harus diimbangi dengan nutrisi yang baik sejak dalam kandungan maupun setelah lahir dengan memberikan ASI eksklusif serta MPASI bergizi.

Apakah anak 7 bulan belum merangkak, merupakan kondisi normal ?

Anak Anda sudah umur 7 bulan, tapi anak masih belum merangkak dan hanya ngesot saja pakai perut. Anak Anda sudah bisa duduk. Saya akan membahas beberapa perkembangan bayi usia 7 bulan, diantaranya :
  • Perkembangan motorik yaitu merangkak, tidak hanya maju menggunakan kedua tangan dan kaki, namun dapat pula menyamping, mundur bahkan ngesot. Ini merupakan kondisi yang wajar dan tidak berbahaya.
  • Perkembangan bicara dimana bayi mulai belajar berbicara seperti mengucapkan maaaa.... paaaa.... atau "mama" dan "papa".
  • Perkembangan sosial, bayi sudah dapat menolak dan beraksi saat dia tidak menyukai sesuatu.

Kapan bayi mengesot perlu dibawa ke dokter ?

Anda tidak perlu cemas berlebih terhadap kondisi bayi Anda yang tidak merangkak. Anda hanya perlu mengawasi setiap pertumbuhan dan perkembangannya. Namun ada beberapa kondisi dimana bayi harus segera dibawa ke dokter spesialis anak diantaranya :
  • Terdapat kelemahan pada anggota tubuh bayi.
  • Kaki maupun tangan bayi terlihat bengkak atau mengecil.
  • Bayi tidak dapat duduk sendiri dan langsung terjatuh seperti tidak bertenaga.
Selalu beri asupan nutrisi yang baik untuk bayi Anda ya. Lanjutkan ASI hingga 2 tahun dan lakukan vaksinasi sehingga bayi Anda terhindar dari penyakit.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr.Lidya Hapsari.  
vaksin bayi dan anaktumbuh kembang bayiperkembangan bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil